Minggu, 14 Oktober 2012

Kajian perangkat lunak (Open Office.org)

Open Office.org

Open office adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat di peroleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata(Word Processor),lembar kerja (spreadsheet),presentasi,ilustrasi vektor,dan gudang data (database).
Open office.org ditunjukan sebagai saingan bagi microsoft office dan dapat dijalankan diatas berbagai platform diantarana windows ,solaris,linux ,dan mac os x.
Oppen office.org mendukung standart dokumen terbuka untuk pertukaran data dan dapat digunakan tanpa biaya.

Open office.org dibuat berdasarkan kode dari star office,sebuah office suit yang dikembangkan oleh stardivision dan diakui sisi oleh microsystem pada agustus 1999,dan kemudian diakuisisi oleh oracle pada tahun 2010,kode asal dari suit ini di lepas sebagai proyek sumber terbuka pada juli 2000 ,dengan tujuan untuk mendobrak dominasi pasar dari microsoft office dengan menyedikan pilihan yang berbiaya rendah ,berkualitas tinggi,dan terbuka.kode asal untuk suit aplikasi ini tersedia di bawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda : LGPL dan  SISSI;dari versi 2.0,dia hanya tersedia di bawah LGPL.
Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai "openoffice" ,tetapi pengatur proyek melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merek dagang ang dipegang oleh kelompok lain,sehingga mengharuskan mereka mengambil "openoffice.org" sebagai nama resminya dan juga di singkat OOo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar